Jumat, 08 Januari 2010

Berbagai Fungsi Ban

Ban merupakan bagian penting dari kendaraan bermotor, ababila ban tidak benar pasti akan menggangu perjalanan dan nyawa anda. Seperti ban bocor dan ban pecah. Terkadang permukaan ban tidak rata, yang mebuat kendaran kita tidak stabil. Banyak diantara kita yang hanya membeli ban hanya dilihat dari Bunga ban dan besar kecilnya ban untuk modifikasi tanpa memikirkan jenis dan ukuran yang diperuntukan buat apa ban itu ? disini akan diulas apa-apa saja fungsi ban dan apa arti singkatan yang terdapat di ban anda.

Apa saja fungsi dari ban motor?

Ban adalah salah satu komponen kendaraan yang berfungsi:

1. Sebagai pengendali arah kendaraan

2. Sebagai penanggung berat beban kendaraan termasuk penumpangnya

3. Sebagai penerus tenaga dari mesin

4. Sebagai sistem peredam/suspensi dari sepeda motor

Terdapat begitu banyak simbol dan kode pada ban. Apa saja arti dari simbol dan

kode tersebut?

Pada sebuah ban, dapat Anda temukan informasi seperti ukuran ban, TWI (Tread

Wear Indicator), Tipe ban: tubeless atau tubetype, Nomor Lot, Speed Simbol &

Load index, Anak Panah, hingga beban maksimum. Semua ini merupakan faktor

penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli ban sesuai kebutuhan

Anda.

Ban saya cepat habis! Kenapa ?

Beberapa hal yang dapat mempercepat keausan ban:

1. Tekanan angin kurang/berlebih

2. Beban berlebihan

3. Pengereman dan akselerasi yang berlebihan

4. Kondisi musim (Musim kemarau ban akan lebih cepat aus)

5. Power motor besar tetapi penggunaan ban relatif kecil

6. Material karet kompon ban (Kompon lunak akan lebih cepat habis daripada

kompon keras)

Cara memasang ban yang baik dan benar, seperti apa ??

Dalam memasang ban ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keselamatan

pengendara dan keawetan ban diantaranya:

1. Gunakan peralatan yang tidak merusak ban atau velg.

2. Pastikan velg sejajar dengan rim line saat terpasang.

3. Pastikan arah putar sesuai dengan petunjuk.

4. Cek tekanan angin agar sesuai dengan standardnya.

5. Sesuaikan ukuran ban dalam terhadap ban luarnya.

6. Pastikan tidak ada benda asing seperti krikil tajam, beling atau paku di

dalam ban.

7. Gunakan selalu rim tape untuk melindungi ban dalam dari tusukan spoke velg.

8. Pastikan bahwa posisi Valve ban dalam sesuai dengan tanda posisi Valve yang

tertera pada ban.

9. Kencangkan mur ban dalam seperlunya.

10. Setelah mengganti ban belakang sejajarkan posisinya agar lurus terhadap ban

depan untuk menghindari keolengan.

11. Setelah ban terpasang tarik beberapa kali tuas rem terutama rem hidrolik

sampai terasa tekanan rem sudah kembali normal untuk menghindari terjadinya rem

blong.

Cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama?

Ada beberapa tips ni untuk anda:

1. Periksa tekanan angin dan kondisi fisik secara berkala.

2. Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada

ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama.

3. Hindari kontaminasi dengan cairan2 kimia yang merusak,olie dan bensin segera

bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.

4. Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan

membuat karakter karet ban berubah.

5. Demi keamanan, ganti ban yang sudah melewati batas TWI.

Tekanan angin ban tubeless saya berkurang secara tidak wajar padahal tidak

tertusuk paku. Apa yang harus saya lakukan?

1. Periksa apakah ukuran ban terhadap velg sudah sesuai.

2. Periksa valve terhadap kebocoran ganti jika perlu.

3. Periksa bibir velg yang bersentuhan dengan ban apakah masih mulus atau sudah

rusak karena bengkok, cat terkelupas, ada benda asing, permukaan kasar atau

ketidaksempurnaan lainnya, perbaiki/ganti jika perlu.

4. Periksa apakah ban pernah ditambal, jika ya cek kondisinya perbaiki/ganti

ban jika diperlukan.

5. Periksa kondisi velg terhadap keretakan, jika velg pernah bengkok dan

dipress ulang maka ada kemungkinan velg retak sehingga velg harus diganti.

6. Periksa apakah rim line sudah sejajar dengan bibir velg, perbaiki posisinya

jika perlu.

Pada Ban yang sedang tidak dipakai/dipasang pada motor. Bagaimana ya cara

saya menyimpan ban dengan baik?

1. Pastikan ruangan terlindung dari sinar matahari dan UV.

2. Pastikan bahwa temperatur ruangan terjaga agar tidak terjadi perubahan suhu

yang extrim secara terus menerus.

3. Penyimpanan jangan ditumpuk,sebaiknya didirikan satu persatu.

Kata mekanik motor Ban tubeless saya tidak bisa ditambal seperti ban lain, katanya

dengan cara khusus dari dalam, apa maksudnya?

Ada beberapa metode dalam menambal ban tubeless, diantaranya adalah:

1.Penambalan dari luar: Adalah metode penambalan yang paling banyak dan sering

dilakukan oleh bengkel-bengkel tambal ban.Metode ini bisa dilakukan jika

kebocoran pada ban tidak besar dan berada pada area crown.

2.Penambalan dari dalam: Adalah metode penambalan dari sisi dalam ban dengan

tambahan material penambal khusus yaitu Rubber Patch. Metode ini diperlukan

jika lubang kebocoran pada ban dinyatakan besar atau area kebocoran berada pada

area side wall.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar